Sunday, September 13, 2015

Hal Yang Membuat Niche Blog lebih Bersaing dan Menguntungkan

Hal Yang Membuat Niche Blog lebih Bersaing dan Menguntungkan
Dalam berkembangnya dunia blogging pada saat ini sedang luar biasa populernya , Hal ini sudah banyak yang di ketahui orang . Blog merupakan sebuah saluran informasi yang berbagai kategori dan jenisnya , Hal ini tidak hanya untuk orang yang hobi menyalurkan semua tulisan kegiatan kesenangannya saja . Tetapi blog juga menjadi saluran untuk mendapatkan penghasilan di internet , Sehingga semakin banyaknya fungsi-fungsi yang dapat kalian kelola .

(Baca juga : Cara Mendapatkan Penghasilan di Internet dengan Adfly)

 Kini blogging bukan hanyalah sekedar menyalurkan hobi saja , akan tetapi sekarang sudah menjadi profesi unggulan yang sedang ramai di dunia internet ini . Kita mengenal blog yang terdahulu dan pastinya anda pernah mengalaminya , pada dahulu kala blogging ini menjadi tempat curhat atau catatan kegiatan orang yang ingin membuatnya terkenal . Namun pada zaman sekarang blogging sudah berevolusi menjadi tempat informasi maupun kategori lainnya , Dan membuat blogging ini mempunyai kekuatan tersendiri dengan adanya Niche Blog (Blog Khusus) .

Niche Blog kini sudah mengalami perkembangan pesat yang dimana fenomena monetasi iklan di blog begitu besar dan menjanjikan . Sudahkah anda mengetahui jenis-jenis tema niche blog apakah yang sering kalian jumpai ? Kita biasanya menemukan beberapa niche yang sering di jumpai orang , yaitu Niche Kesehatan , Niche Teknologi , Niche Otomotif , Niche Travelling dan masih banyak jenis tema-tema niche blog yang akan kalian jumpai dan ingin anda pergunakan niche tersebut untuk mengembangkan blog anda .

Namun kenapa niche blog kini sudah menjadi patokan untuk menentukan judul dan url blog atau hal lainnya ? Apakah niche blog kini lebih menguntungkan ? Perhatikan berikut apa sih keuntungan dalam niche blog ini .

Hal-Hal Membuat Niche Blog Yang Lebih Menguntungkan


1. Lebih Fokus dan Lebih Memikat Pembaca


Memang dalam membuat blog khusus akan lebih fokus satu tujuan dan membuat pembaca memikat untuk tetap menjadi pembaca setia karena blog anda jelas pada satu tujuan . Dan pembaca pun akan menjadi lebih tertarik karena blog anda memiliki tema yang jelas dan membuat lebih spesifik .

Keuntungan dalam membuat niche pada blog adalah kita akan mendapatkan pembaca setia , karena mereka akan mencari informasi yang sama sewaktu-waktu dan dia pasti mengingat blog anda karena sudah hafal bahwa blog anda sudah memiliki satu tema khusus (contoh : SEO) setiap kegiatan mereka untuk membaca informasi seo dan pastinya blog akan di kunjungi pertama kali adalah blog anda . Kenapa ? Karena mereka sudah pernah membaca di blog anda dan mereka juga sudah tahu bahwa blog anda satu tujuan tema .

2. Lebih Membangun Komunitas


Hal ini membuat blog anda mempunyai komunitas yang satu pandangan atau satu topik yang ingin di bahas , dan membuat kekeluargaan pun terjadi karena mereka saling bertukar informasi yang satu tujuan (niche blog) . Dengan upayanya kalian dalam membuat blog khusus (niche blog) maka secara otomatis membuat tempat berkumpulnya pembaca topik yang sejenis untuk bertukar ilmu dan membangun sebuah kekeluargaan juga .

Membangun sebuah komunitas bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin tetapi ini juga bisa terjadi kehidupan nyata anda dengan adanya blog khusus (Contohnya : Blogger Indonesia) .

3. Lebih Ahli atau Spesialis


Berfokus pada satu topik merupakan hal yang dapat kalian kembangkan sehingga anda akan di akui oleh publik bahwa blog anda ahli dalam satu topik dan membuat anda bertambah ilmu juga dengan sama nya topik kalian . Namun menjadi sebuah kebanggaan mempunyai blog tidaklah mudah , kita harus mempunyai pendukung setia untuk terus membangun konsistennya tema blog anda .

4. Lebih SEO Friendly


Dalam memuat ilmu ke SEO-an kita sangatlah penting untuk menentukan kesukaan mesin pencari seperti Google , Bing ataupun Yahoo Search . Mereka lebih menyukai blog niche atau topik khusus karena memiliki penempatan blog anda pada posisi yang strategis sebagaimana orang sedang mencari sebuah hal yang relevan atau kesamaan ide . Dengan strategisnya posisi blog anda , anda membuat secara otomatis pengunjung lebih pesat dan traffic yang berdatangan seiring banyaknya penduduk di dunia .

(Baca juga : Cara Membuat Artikel Lebih SEO Friendly)

5. Lebih Menarik para Adversting


Kita memonetasi blog sekarang ini , blog niche lah yang sangat berpotensi besar untuk mendapatkan ketertarikan para pengiklan (adversting) daripada blog personal (campur) . Karena apakah niche blog membuat ketertarikan pada blog anda ? Karena halnya pengiklan lebih tertarik untuk memasangkan produknya dengan topik yang sama dan karena inilah pengiklan sebut Relevanisasi .

Iklan yang akan di tampilkan pada blog karena dengan adanya relevanisasi topik membuat calon konsumen pun tertarik untuk mengetahui produk yang telah di pasangkan banner iklan karena kesamaan tema yang sedang dicari (Contohnya : Topik SEO , Produk Iklan yang di tampilkan : Jasa SEO Terbaik di Indonesia) . Dalam dunia adversting (periklanan) memang sangatlah mudah karena kita bisa memasangkan iklan mandiri (jasa pemasangan iklan) , maupun menjadi publisher perusahaan orang (Contohnya : Google Adsense , RevenueHits , dan masih banyak jenis lainnya) . Dalam hal ini menurut saya membuat niche blog para adversting akan lebih strategis dalam menaruh iklan di blog orang lain .

6. Potensi Networking lebih Tinggi


Dalam membahas sebuah jaringan pada blog merupakan hal penting yang dapat membuat blog anda bertumbuh dan memiliki potensi yang lebih tinggi untuk mempromosikan sebuah produk . Keterhubungannya antar blog yang memiliki topik yang sama merupakan salah satu keuntungan besar untuk membangun jaringan antara blog-blog lainnya yang sesama topik (Contoh : Forum Publisher Indonesia (Ads.id) di sana membahas mengenai bagaimana cara-cara publisher untuk mengembangkan penghasilannya dalam dunia periklanan) Bahkan contoh berikut memang sekarang ini sangatlah populer karena banyak orang yang menyukai bisnis online untuk mengembangkan penghasilan tambahannya ataupun utamanya .

(Baca juga : Potensi Besar Dalam Dunia Bisnis Online)

Namun sudahkah anda menentukan Niche blog (Blog Khusus) yang tepat dan sedang di gemari oleh pembaca ? Menentukan niche blog merupakan salah satu tantangan terberat sebagai penulis karena mereka tidak bisa menulis jika ketidaksamaan yang mereka punyai ilmunya . Terima Kasih

Tata Peraturan Berkomentar yang Nyaman dan Jelas :

- Berkomentarlah Sesuai Topik
- Berkomentarlah dengan kata Sopan
- Berkomentarlah Untuk Tidak Meninggalkan Live Link
- Berkomentarlah dengan Tertib dan Tidak Menganggu Kenyamanan
EmoticonEmoticon