Saturday, August 29, 2015

Faktor Penting Dalam SEO On-page Pada Blog

Faktor Penting SEO On-page Pada Blog
Seberapa besarkah anda memperjuangkan blog untuk menetapkan pada halaman pertama di search engine . Sudah berjuang untuk berburu backlink tetapi belum bisa juga blog anda muncul pada halaman pertama , Mungkin permasalahan blog anda adalah pada SEO On-page blog anda .

Namun pastinya anda belum mengetahui apa itu SEO On-page ? Sebelum membahas hal tersebut , kita terlebih dahulu mengetahui bahwa SEO di bagi menjadi dua jenis , yaitu SEO On-page (Sedang di bahas) dan SEO Off-page . SEO Off-page merupakan salah satu jenis seo yang bisa mengoptimasi di luar halaman blog kita seperti halnya mencari backlink , Sedangkan SEO On-page merupakan jenis SEO yang mengoptimasi pada sekitar halaman blog kita .

Anda pastikan bahwa blog kalian tidak mempunyai kesalahan-kesalahan dalam SEO On-page , Dan banyak orang yang sudah melupakan SEO On-page ataupun mereka tidak tahu apa itu SEO On-page . Mari kita periksa kualitas blog kita untuk memaksimalkan pada search engine dan pembaca , Dan anda dasarkan sesuai faktor-faktor penting berikut .

Faktor Penting SEO On-page Pada Blog


1. Judul Halaman dan Judul Artikel


Menentukan sebuah judul halaman merupakan salah satu kunci penting untuk mengoptimasi blog kita semaksimal mungkin , Membuat judul halaman dengan benar dan tepat sesuai Keyword akan memaksimalkan blog kita dan membuat nyaman pembaca . Seperti halnya judul halaman muncul berwarna biru besar pada pencarian google , Maka dari itu Judul halaman sangat menentukan sekali kualitas blog anda .

Pada dasarnya judul halaman dengan judul artikel sama , tetapi anda bisa membedakan kedua hal tersebut dengan plugin-plugin SEO seperti ALL in One SEO Pack (Wordpress) . Dengan mengoptimasi judul halaman blog anda dengan kata kunci tanpa mengubah judul artikel supaya pembaca pun nyaman pada blog anda .

Baca juga : Blogger atau Wordpress yang lebih unggul ?

2. Meta Deskripsi


Dalam mengetahui meta deskripsi merupakan kata-kata yang akan muncul di bawah judul halaman pada search engine . Dengan menggunakan plugin-plugin SEO yang sudah saya sebutkan di atas , kita bisa mengubah sebuah meta deskripsi yang dapat membantu blog anda di halaman pertama search engine dan membuat pembaca pun tertarik untuk membaca di blog kita . Sehingga kita bisa menargetkan keyword (kata kunci) dengan sesuai judul halaman ataupun judul artikel blog anda .

Maka kita dengan menuliskan sebuah meta deskripsi otomatis menambah poin penting blog kita pada search engine dan pembaca . Tetapi haruskah anda menulis meta deskripsi secara berlebihan ? Tidak ! , menulis meta deskripsi secara berlebihan akan mengakibatkan ketidaksukaan search engine pada blog anda . Ataupun meta deskripsi yang anda buat tidak relevan dengan judul dan isi blog anda .

3. URL Keyword


Anda bisa memastikan bahwa url yang anda buat masuk dalam target kata kunci kita , Sama halnya seperti menentukan judul halaman dengan kata kunci yang di targetkan . Menentukan URL yang tidak berlebihan , kepanjangan ataupun menetapkan keyword pada url terlalu banyak akan tidak nyaman sekali oleh pembaca maupun search engine . Format URL artikel ini bisa di ubah melalui menu Tautan Permanen -> Permalink Khusus (Pengguna Blogger ) dan melalui menu Setting -> Permalink (Pengguna Wordpress) .

4. Kualitas Konten


Pada faktor-faktor penting di atas untuk memaksimalkan SEO blog kita , akan tetapi lebih pentingnya lagi adalah konten . Konten akan menentukan lebih besar untuk pembaca dan search engine sebagaimana konten adalah sebuah raja dalam dunia blogging , ketika anda membuat sebuah konten pasti nya anda membuat untuk pembaca blog anda . Namun jika anda membuat konten yang tidak nyaman ataupun terlalu pendek akan membuat search engine ataupun pembaca bosan untuk mendatangi blog anda ataupun tidak di anggap penting oleh Google .

Kebanyakan orang salah dalam mengelola kualitas konten atau mengoptimasi konten dengan dua kategori berikut .
  • Kurang Mengoptimasi
  • Berlebihan Mengoptimasi
Pada dasarnya menurut saya artikel atau konten yang paling bagus minimal 500 - 600 kata untuk menunjang hal SEO ini . Dan yang terpenting adalah sebuah isi konten dengan relevan sesuai judul halaman , Sehingga membuat pembaca tertarik dan ingin kembali membaca di blog anda .

Adapun kesalahan lainnya yang mengenai konten ini , yaitu hiasan terlalu banyak (Seperti : Bold , Italic , Underline dan Strikethrough) , Keyword (Kata Kunci) yang berlebihan bahkan dalam sebuah artikel tersebut hanya penuh dengan kata kunci .

Baca juga : Cara Membuat Artikel SEO Friendly

5. Gambar atau Media lainnya yang Relevan


Menentukan gambar merupakan hal mudah akan tetapi kebanyakan orang lupa dalam keegoisannya untuk mendapatkan banyak visitor sehingga melupakan kesesuaian dengan isi konten maupun judul halaman . Meletakkan sebuah gambar ataupun media lainnya sangat penting karena supaya pembaca tidak bosan dengan blog anda karena kurang mengerti bila tidak ada gambarnya terutama untuk anda yang mempunyai blog tutorial .

Sama halnya gambar juga bisa di optimasi berlebihan seperti artikel , Menggunakan judul gambar ataupun alternative tag yang berlebihan . Maka anda harus menggunakan hal tersebut sesuai prosedur yang tepat .

6. Tautan atau Link Internal


Dalam link internal merupakan faktor penting yang bisa membangun kualitas blog anda agar lebih SEO Friendly seperti masa kini yang sangat populer sekali . Menentukan link internal yang benar adalah membuat sebuah tautan pada artikel menuju artikel yang relevan . Sama seperti halnya efek tautan internal ini membuat blog lebih seo dan membuat pembaca akan tertarik untuk membaca artikel blog kita lainnya . Sebelum menaruh sebuah tautan pada konten anda , anda juga harus berstrategi untuk menaruhnya dengan tepat dan benar , sebagaimana kebanyakan orang mentautkan sebuah link dengan tidak relevan . Dan adapun juga orang yang menaruh sebuah link menuju ke link yang sama , sehingga membuat ketidaktarikan pembaca maupun mesin pencari .

Dengan demikian faktor-faktor yang penting dalam SEO On-page pada blog merupakan salah satu kemampuan natural untuk memaksimalkan blog anda agar lebih SEO Friendly . Sebegitu mudahnya melakukan akan tetapi mereka yang di sana mengabaikan hal ini , Sehingga membuat blog nya selalu sepi untuk di kunjungi .

Tata Peraturan Berkomentar yang Nyaman dan Jelas :

- Berkomentarlah Sesuai Topik
- Berkomentarlah dengan kata Sopan
- Berkomentarlah Untuk Tidak Meninggalkan Live Link
- Berkomentarlah dengan Tertib dan Tidak Menganggu Kenyamanan
EmoticonEmoticon