Monday, December 7, 2015

Elemen Utama Dalam SEO Blog

Elemen SEO Blogger
Dalam sekejap kita melihat gambar ilustrasi di atas , SEO memiliki elemen-elemen utama yang dapat di satukan dan membentuk kekuatan blog kita untuk bersaing di SERP . Pada sebenarnya kita untuk mendapatkan posisi rangking yang baik di mesin pencari terutama Google bukanlah sulit bagi seorang bloger yang menggunakan tips seo secara benar . Kita bisa dapatkan materi belajar seo ini di internet , trik seo yang di berikan dalam berupa ebook maupun bentuk-bentuk artikel seperti ini .

Namun sebelum kita menyebutkan elemen utama pada seo blog , kita harus tahu terlebih dahulu apa itu SEO ? dan apa asal usulnya tentang seo ini ? Menurut saya SEO adalah sebuah pengoptimasian atau penyempurnaan blog di mata search engine , hal ini kamu bisa lakukan beberapa teknik seo dengan benar . Tetapi lebih baiknya lagi anda harus mementingkan kedua faktor yang bisa meningkatkan kemajuan blog anda , yaitu Search Engine dan Pembaca .

Elemen utama yang harus anda ketahui dan lakukan mengoptimasi blog pada mesin pencari  , antara lain 3 elemen utama dalam seo blog yaitu Kata Kunci (Keywords) , SEO On-page dan SEO Off-page . Ketika kita sudah mengetahui ketiga elemen utama yang harus di dahulukan dalam teknik seo akan terasa mudah bagi anda dalam mengoptimasi website atau blog di mesin pencari dalam jangka waktu panjang atau permanent .

Mari kita bahas beberapa elemen utama dalam seo blog , yakni :

1. Keywords (Kata Kunci) Blog


Keywords merupakan sebuah kumpulan rangkaian kata yang di tuliskan pada kolom pencarian di mesin pencari ketika mereka mencari informasi sesuatu pada mesin pencari seperti Google , Bing dan lainnya . Kata kunci yang di ketikkan oleh pengguna biasanya terdiri satu kata , dua kata , tiga kata , bahkan kalimat pendek tergantung pengguna untuk mencari informasi . Dalam satu topik , biasanya beberapa kata kunci yang sering di gunakan oleh pengguna mesin pencari terutama Google . Nah hal ini lah yang di inginkan oleh pemilik blog atau website untuk memiliki list kata kunci dan melakukan riset atau analisis kata kunci apakah keywords tersebut banyak di gunakan dalam mesin pencari .

Baca juga : Tips Menentukan Topik Blog dengan Tepat

Riset Kata Kunci (Keywors Research) merupakan langkah terpenting yang dilakukan oleh pemilik blog atau website dalam mencari dan menetapkan kata kunci dalam kontennya yang paling cocok dengan topik blognya untuk di bangun . Melakukan riset kata kunci ini kita dapat menemukan keywords yang paling banyak di cari dan mengetahui persaingan pada kata kunci tersebut .

Namun ketika blog anda melakukan riset kata kunci dan menggunakan kata kunci dengan tepat pada persaingan kecil , Kita akan mendapatkan posisi pada halaman hasil pencarian di mesin pencari . Tentunya hasil yang di dapatkan dalam pengoptimasian kata kunci ini , kita akan mendapatkan pengunjung potensial yang besar pada blog anda .

Ada banyak hal yang dapat kita gunakan untuk mengoptimasi blog , salah satunya adalah riset kata kunci merupakan cara terbaik dengan menggunakan alat gratis dari Google yaitu Google Keywords Planner .

2. Membangun SEO ON Page dan SEO Off Page Pada Blog


Dalam membangun sebuah blog ada beberapa istilah sejarah tentang seo , yakni SEO On-page dan SEO Off-page . Kedua jenis seo tersebut masing-masing punya kekuatan penting untuk meningkatkan blog pada posisi SERP , Namun pastinya kita harus tahu dahulu apa itu SEO On page dan SEO Off page . SEO On-page adalah sebuah teknik seo yang kita harus melakukan optimasi pada halaman website kita , yaitu berupa Penempatan Kata kunci , Membangun konten yang berkualitas bagi pembaca , dan Interaksi user di kolom komentar . dan SEO Off-page merupakan teknik seo yang di lakukan optimasi luar halaman , yakni menanamkan backlink berkualitas .

Baca juga : Faktor Penting Dalam SEO ON Page

SEO ON Page


Pada SEO On-page kita bisa melakukan teknik-teknik jitu untuk meningkatkan posisi SERP , yakni sebagai berikut .

A. Penempatan Keywords

Jika kamu ingin melakukan optimasi pada blog untuk meningkatkan kualitas posisi di SERP , anda bisa menetapkan kata kunci pada konten blog anda . Berikut beberapa bagian yang harus kalian tetapkan sedikit kata kunci untuk memastikan google fokus halaman blog anda .

  • Title Tag
  • Meta Deksripsi
  • Awal Paragraf Konten
  • Sistem Navigasi
  • Heading Tag
  • Internal Links
  • Alternatif Gambar (Alt)
B. Membuat Konten Berkualitas dan Relevan

Bila kita perhatikan pada mesin pencari , sebagian besar SERP yang di munculkan merupakan blog atau website yang memiliki konten berkualitas dan pastinya relevan yang sedang di cari oleh pengguna . Selain itu juga search engine terutama Google mempertimbangkan konten yang menjelaskan secara detail , secara pengalaman dan analisis konten yang detail lebih mudah masuk SERP dan cenderung lebih lama bertahan dalam jangka waktu panjang .

C. Menambahkan Outbound Links Pada Konten

Menurut saya dalam memberikan links ke halaman lain yang relevan dengan website memiliki authority berkualitas pada konten blog anda , Hal ini juga berpengaruh optimasi SEO karena Outbound Links memberikan sinyal terhadap google akan fokus konten anda .

SEO Off Page


SEO Off-page adalah sebuah teknik seo yang diluar halaman blog , yang dapat di artikan kita bisa melakukan pencarian timbal balik links dari website lain di sebut Backlinks . Backlinks adalah sebuah tautan links dari halaman website ke website lain , dan dapat di artikan sebuah website yang memberikan rekomendasi terhadap pembaca ataupun search engine (mesin pencari) untuk mengunjungi links website lain .

Namun apa yang harus kita lakukan untuk membangun backlinks ? Ada banyak sekali potensi-potensi besar yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlink . Adapun beberapa jenis backlink yang efektif bagi website anda , berikut ulasannya :

1. Backlinks dari Sosial Media

Pastinya kamu para pemula heran dengan hal ini karena biasanya sosial media di gunakan untuk berkomunikasi secara online dan kegiatan sosial lainnya . Tetapi sekarang sosial media bisa di gunakan untuk mencari backlinks , namun apakah ini efektif bagi seo blog anda ? pastinya jika di lakukan dengan benar dan rajin akan sangat efektif sekali . Sosial media tersebut antara lain Google+ , Facebook , Twitter , Pinterest , Instagram dan sosial media lainnya , backlinks yang di berikan dari sosial media ini biasanya bersifat Nofollow namun sosial media ini akan meningkatkan kepopuleritasan sebuah halaman blog .

2. Backlinks dari Sosial Bookmarking

Sosial bookmarking ini juga berefektif bagi blog anda apalagi website lokal , tetapi satu hal yang perlu kamu ketahui tentang backlink dari sosial bookmarking yang berlebihan akan menyebabkan hal buruk untuk blog anda . Berikut sosial bookmarking yang biasanya saya sering gunakan untuk mencari backlink antara lain : Diigo.com , Lintas.me , Stumbleupon.com dan lain-lain . Dan pada dasarnya backlink dari sosial bookmarking ini memiliki dua sifat yaitu Nofollow dan Dofollow , di antara sifat tersebut memiliki fungsi masing-masing .

3. Backlinks dari Forum Signal

Dalam beberapa forum rata-rata bersifat Dofollow , Keuntungan ini kita bisa menanamkan link pada posting-posting di forum . Efek tersebut bukanlah di anggap spam , karena anda melakukan tersebut murni dari kegiatan dari tangan anda sendiri (bukan bot) dan peraturan dari forum itu sendiri pun ketat . Adapun beberapa forum signal yang bisa anda manfaatkan untuk menanamkan backlink , yakni Viva.co.id , Bersosial.com , Forum.detik.com , Forum.kompas.com , Pengusaha.co dan lainnya .

4. Backlinks dari Web 2.0 Properties

Web 2.0 merupakan jenis platfrom untuk membuat sebuah blog , nah biasanya ini di manfaatkan para blogger ketika sebuah blog yang di tinggalkan pemiliknya di salah satu platfrom tersebut kita bisa mendaftarkannya kembali dan dijadikan ladang backlink , dan biasanya hal ini di sebut Blog Zombie . Berikut beberapa jenis web 2.0 yang dapat anda manfaatkan untuk mencari backlink , dan sebagian besar jenis backlink ini bersifat Dofollow .

  • Blogger.com
  • Wordpress.com
  • Blog.com
  • Tumblr.com
  • Edublogs.org
  • Brave.net
  • Kompasiana.com
Demikian merupakan ulasan mengenai elemen utama dalam seo pada blog , dan andapun sekarang sudah mengetahui apa saja elemen yang dapat mempengaruhi seo blog anda . Semoga anda dapat menyempurnakan poin-poin tersebut sehingga website atau blog anda teroptimasi dengan baik pada mesin pencari . Salam SEOers !

Tata Peraturan Berkomentar yang Nyaman dan Jelas :

- Berkomentarlah Sesuai Topik
- Berkomentarlah dengan kata Sopan
- Berkomentarlah Untuk Tidak Meninggalkan Live Link
- Berkomentarlah dengan Tertib dan Tidak Menganggu Kenyamanan
EmoticonEmoticon